Rabu, 13 Agustus 2014

Budaya Daerah Asal



Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur,Indonesia. Kota yang berpenduduk 820.243 (2010) ini berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, terletak 90 km sebelah selatan Kota Surabaya, dan wilayahnya dikelilingi oleh Kabupaten Malang. Luas wilayah kota Malang adalah 252,10 km2. Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timursetelah Surabaya, dan dikenal dengan julukan kota pelajar.


Budaya
Kekayaan etnis dan budaya yang dimiliki Kota Malang berpengaruh terhadap kesenian tradisional yang ada. Salah satunya yang terkenal adalah Wayang Topeng Malangan (Topeng Malang), namun kini semakin terkikis oleh kesenian modern. Gaya kesenian ini adalah wujud pertemuan tiga budaya (Jawa Tengahan, Madura, dan Tengger). Hal tersebut terjadi karena Malang memiliki tiga sub-kultur, yaitu sub-kultur budaya Jawa Tengahan yang hidup di lereng gunung Kawi, sub-kultur Madura di lereng gunung Arjuna, dan sub-kultur Tengger sisa budaya Majapahit di lereng gunung Bromo-Semeru. Etnik masyarakat Malang terkenal religius, dinamis, suka bekerja keras, lugas dan bangga dengan identitasnya sebagai Arek Malang (AREMA) serta menjunjung tinggi kebersamaan dan setia kepada Malang.
Di kota Malang juga terdapat tempat yang merupakan sarana apresiasi budaya Jawa Timur yaitu Taman Krida Budaya Jawa Timur, di tempat ini sering ditampilkan aneka budaya khas Jawa Timur seperti Ludruk, Ketoprak, Wayang Orang, Wayang Kulit, Reog, Kuda Lumping, Sendra tari, saat ini bertambah kesenian baru yang kian berkembang pesat di kota Malang yaitu kesenian "Bantengan" kesenian ini merupakan hasil dari kreatifitas masyarakat asli Malang, sejak dahulu sebenarnya kesenian ini sudah dikenal oleh masyarakat Malang namun baru sekaranglah "Bantengan" lebih dikenal oleh masyarakat tidak hanya masyarakat lokal namun juga luar daerah bahkan mancanegara. Khusus di Malang sering diadakan pergelaran bantengan hampir setiap perayaan hari besar baik keagamaan maupun peringatan hari kemerdekaan.
Festival tahunan yang menjadi event ikon kota juga sering diadakan setiap tahunnya. Beberapa festival kota tahunan diantaranya adalah:
·         Festival Malang Kembali: Diadakan untuk memperingati HUT Kota Malang, biasa digelar pada tanggal 21 Mei. Festival ini mengusung situasi kota pada masa lalu, mengubah jalan-jalan protokol kota menjadi museum hidup selama kurang lebih 1 minggu festival ini diadakan.
·         Karnaval Bunga
·         Karnaval Lampion: Biasa diadakan untuk merayakan hari raya imlek.

sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Malang



Kuliner Khas Malang
·         Bakso malang
·         Bakso Bakar
·         Cwie mie / Pangsit mie
·         Rawon khas Malang
·         Kaldu kambing kacang ijo
·         Soto ayam
·         Soto kambing Tunggulwulung
·         Tempe dan Kripik tempe Sanan
·         Tahu sukun
·         Orem-orem
·         Kripik buah (kripik apel, nangka, dll.)
·         Nasi pecel
·         Rujak buah
·         Angsle
·         Ronde
·         Sop dengkul
·         Sayur asem buah apel
·         Kare kikil Singosari
·         Tahu campur
·         Mendol
·         Tahu Lontong Telor
sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Malang#Kuliner_Khas_Malang

ciri khas malang

Dalam Bahasa Malang, skalipun mbacax terbalik/dr belakang utk akhiran dibaca sperti aslix/tidak ikut dibalik.

Contoh:
-Sepeda-Adepes.
Jika ''Sepedaan'' maka menjadi ''Adepesan''. 
bukan naadepes.
 

sumber:https://www.facebook.com/pages/Bahasa-Khas-Malang-Osob-Ngalam/255244277957595


Tidak ada komentar:

Posting Komentar